Kenapa pilih Ubuntu?

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti “kemanusiaan kepada sesama”. Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas. https://id.wikipedia.org/wiki/Ubuntu Lalu kenapa kita sebaiknya memakai ubuntu? Ada puluhan alasan sebenarnya, namun hanya beberapa saja yang akan dibahas disini, yaitu ada dibawah ini.

Ubuntu itu “Gratis”

Ini mungkin salah satu hal yang tidak dipikirkan oleh sebagian besarr orang Indonesia. Gratis? Windows juga gratis kok, tinggal download OSnya, terus dwnload patch nya, jadi deh, gratis.. Hal tersebut salah, Windows itu OS berbayar, harganya adalah sekitar $120, atau dalam rupiahnya,
$120×13.000=Rp1.560.000
Mahal bener ya? Jasa install di tukang service aja paling cuma Rp50.000,-. Eitts,, tunggu dulu, yakin itu 50rb windows legal? Tukang service yang install ulang dengan tarif segini biasanya ya pakai windows bajakan, caranya ya dengan download os, terus install patch ini dan itu. Jadi kalau sewaktu-waktu ada razia barang bajakan, kena deh. Selain itu, barang bajakan itu termasuk  barang curian, bisa dipenjara lho. Beda halnya dengan Ubuntu, ubuntu ini 100% Gratis (diluar diaya download tentunya), jadi kamu  ga perlu takut dengan razia barang bajakan, pakai barang curian, atau hal buruk seperti itu, pakai ubuntu 100% Legal.

Lebih aman tanpa perlu install antivirus

Di windows, kamu ga akan bisa yang  namanya bertahan hidup tanpa antivirus. Sudah pakai antiviruspun, tidak menjamin komputer kamu aman, masih ada jutaan kemungkinan komputer kamu terserang virus. Mau pakai antivirus ini, antivirus itu, antivirus pro, antivirus premium, antivirus, pertalite, pertamax,  tetap ada kemungkinan  terjangkit virus baru. Berbeda dengan di ubuntu, ubuntu adalah linux, yang terkenal dengan keamanannya.  Virus dan malware itu sesuatu yang asing di linux.

Cocok dengan komputer jadul sekalipun

Keunggulan lainnya adalah kecocokan dengan hampir semua komputer, komputer jadul sekalipun. Mungkin salah satu alasan kamu masih pakai windows XP adalah karena komputermu tidak kuat menjalankan windows 7/8/10. Nah, ubuntu ini bisa m enjadi alternatif. Core  Ubuntu sangat ringan bahkan untuk komputer yang “lambat” sekalipun. Tinggal menyesuaikan desktop yang digunakan, untuk yang bermemory rendah, dan prosesor ‘lambat’ ada baiknya memakai desktop lxde. Komputer baru, ingin tampil keren, pakai desktop Unity.

Mudah Digunakan

Pengen pindah ubuntu, tapi takut tidak bisa mengoperasikan? Tenang saja, Ubuntu  sudah memiliki GUI (Graphics User Interface) yang sangat nyaman digunakan, dan dapat distumisasi sedem ikian rupa sehingga makin nyaman. Keunggulan lainnya adalah Ubuntu dari bawaannya sudah mendukung bahasa indonesia, sehingga mudah digunakan bagi yang tidak mengerti bahasa asing.

Driver lengkap

Ketika kamu menginstal windows, beberapa hal mungkin ada yang  tidak bekerja dengan baik, hal ini kadang  disebabkan oleh driver yang belum terinstall dengan benar, sehingga kamu harus mencari drivernya  sendiri, mendownload, lalu menginstallnya sendiri. Di ubuntu? tidak perlu, ketika kamu mendownload dan menginstallnya, hampir semua driver yang dibutuhkan dari komputer jadul sampai komputer terbaru sudah  ada didalamnya, tak perlu mencari, tak perlu menginstal sendiri.

Tampilan menarik

Jika kamu berfikir pakai ubuntu itu tampilannya  ketinggalan jaman, kamu salah, ubuntu seperti linux lainnya, dapat memilih penggunaan desktop yang cocok, ada Unity, Gnome, LXDE, dll yang mudah untuk dikostumisasi, dan screenshot diatas sekilas mirip mac kan? itu adalah Ubuntu 16.04 dengan desktop Unity dan sedikit modifikasi, masih beranggapan tampilan Ubuntu jadul?

Repositori yang lengkap

Seperti linux lainnya, ubuntu memiliki repository, atau bisa dibilang appstore nya. Diibaratkan seperti Google Play nya android. Jadi jika kamu butuh suatu aplikasi, tinggal cari dan  install dari repositori, sehingga ketika terpasang akan didapatkan versi yang cocok dengan versi OS dan hardware kamu dan tentunya aman. Tidak seperti windows, kamu harus cari di google, download, install sendiri, itupun belum tentu sesuai dengan device kamu, atau bisa jadi, itu virus..

Proses Update  yang lebih baik

Ketika kamu update komputer windows kamu, kamu harus sangat bersabar. Komputer mula-mula akan  memberitahu kamu ada versi baru. Kemudian mengunduh data yang dibutuhkan, mematikan komputer, dan proses update terjadi saat komputer diidupkan setelahnya, dalam fase ini tidak boleh mati, atau akan berakibat fatal. Proses update ini biasanya akan sangat lama dan membuat kamu bosan. Di linux, proses update b erjalan lebih baik. Ketika vrsi baru ada, dan kamu ingin mengupdate, awalnya sama seperti di windows, linux akan mendownload data yang diperlukan, tapi setelah itu? komputer tak perlu restart, proses update tetap berjalan saat komputer hidup, jadi daripada kamu kebosanan menunggu update yang lama, kamu bisa sambil mengerjakan hal lai di komputermu

Bisa menjalankan aplikasi windows

Ada banyak aplikasi penting yang hanya dibuat untuk windows, hal ini mungkin alasan kamu tak mau pindah ke Ubuntu. Padahal sebenarnya bukan masalah, karena ada Wine, sebuah aplikasi yang memungkian kamu menjalankan program windows di linux.

Dukungan komunitas yang besar

Kamu kesulitan menggunkan ubuntu? Ada sesuatu  yang tidak dimengerti? atau punya masalah dengan komputermu? Komunitas ubuntu siap membantumu, dengan pengguna yang sangat banyak dan ahli, pertanyaan kamu akan terjawab dengan cepat.   Dan  masih banyak lagi alasan  kenapa memilih ubuntu, hal-hal tersebut akan kamu  rasakan setelah menggunakan ubuntu. Dengan hal-hal diatas, apakah kamu berniat menginstal ubuntu di komputermu?]]>

About: totop275


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *