Menghitung Deret Fibonacci dan Bilangan ke n dengan Python

Jadi angka ke-3 adalah angka pertama + angka kedua, yaitu 0+1=1, angka ke-4 adalah angka kedua + angka ketiga, yaitu 1+1=2. Angka ke-5 adalah angka e-3 ditambah angka ke-4, yaitu 1+2=3. Begitu seterusnya. Atau dapat dirumuskan secara rekrusif sebagai berikut. Angka fibonacci juga disebut sebagai angka ajaib karena sebagian hal-hal yang ada di alam merujuk pada angka fibonacci. Seperti dikutip dari https://www.kaskus.co.id/thread/50bfa1792d75b43168000001/ajaibnya-angka-fibonacci/

– jumlah daun bunga 3 : bunga lili, iris – jumlah daun bunga 5 : buttercup (sejenis bunga mangkok) – jumlah daun bunga 13 : ragwort, corn marigold, cineraria, – jumlah daun bunga 21 : aster, black-eyed susan, chicory – jumlah daun bunga 34 : plantain, pyrethrum – jumlah daun bunga 55,89 : michaelmas daisies, the asteraceae family – jumlah lebah betina pasti lebih banyak dari jantan. Kalau dibandingkan antara jumlah lebah betina dengan jumlah lebah jantan, maka hasilnya adalah 1.618 – Kerang laut memiliki cangkang keras yang berbentuk spiral. kalau dibandingkan antara panjang garis spiral paling depan dengan berikutnya, maka hasilnya adalah 1.618 – Daun, tangkai, serangga, dan semua yang berbentuk spiral Bila dibandingkan antara panjang spiral terakhir dengan sebelumnya, maka hasilnya akan selalu 1.618. – Konon, Stradivarius, pencipta biola, juga menggunakan angka ini dalam peletakan lubang di biola.
Lalu bagaimana cara kita menghitungnya dengan python? Cara salah satunya, seperti yang akan saya jelaskan dibawah adalah dengan cara recrusive. Mula-mula, buat sebuah metode, kita berikan nama fibonacci, metode ini membutuhkan 1 parameter, kita berikan nama n, yaitu deret dari angka fibonacci yang ingin diketahui. Seperti yang ada di rumus diatas, jika n=0, maka bilangan fibonaccinya 0, jika n=1, bilangan fibonacci=1, selain itu, bilangan fibonacci adalah jumlah 2 bilangan fibonacci sebelumnya. atau dengan kata lain, jika n kurang dari atau sama dengan 1, maka bilangan fibonacci adalah n itu sendiri. Jadi instruksinya jika ditulis dalam python adalah seperti dibawah ini.
def fibonacci(n):
  if(n==1):
    return n
  else:
    return fibonacci(n-1)+fibonacci(n-2)
Untuk mendapatkan nilai bilangan fibonanci ke-n, dapat memanggil fungsi diatas dengan memasukan n sebagai parameter. Misal , ingin mennghitung bilangan fibonacci ke 10. Dalam fungsi ini, penomoran dimulai dari 0, jadi angka pertama adalah 0, kedua 1, ketiga 2, dan seterusnya, atau dengan kata lain bilangan ke-n adalah fibonacci(n-1), karena kita ingin mencari  bilangan ke-10, maka yang dimasukan kedalam parameter adalah 10-1 yaitu 9.
def fibonacci(n):
  if(n==1):
    return n
  else:
    return fibonacci(n-1)+fibonacci(n-2)
print(fibonacci(9))
jika dijalankan, akan ter print bilangan fibonacci ke-10 yaitu 34. Atau mungkin kamu ingin mencoba sesuatu yang berbeda. Misalnya masalah adalah untuk mencari 10 bilangan fibonacci pertama. Hal ini dalam python dapat  dilakukan dengan menggunakan perulangan ‘for‘.
for i in range(10):
  print(fibonacci(i))
maka akan dihasilkan output 10 angka fibonacci pertama, yaitu
0
1
1
2
3
5
8
13
21
34
Sekian artikel mengenai Menghitung Deret Fibonacci dan Bilangan ke n dengan Python, bila ada pertanyaan dapat ditulis di kotak komentar.]]>

About: totop275


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *